Gagal Saat Wawancara Kerja? Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya

20.20

Terasa kurang ditantang dengan pekerjaan sekarang ini, inginkan upah yang lebih serta situasi yang baru, lalu Anda memikirkan untuk melamar pekerjaan baru.

Sesudah kirim surat lamaran kerja yang baik serta curirculum vitae (atau resume) dan memperoleh tanggapan yang baik dari perusahaan yang dilamar, Anda diundang untuk wawancara. Anda lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diserahkan beberapa pewawancara.

Sebagian minggu lalu, belum ada juga berita lagi dari pihak perusahaan. Sesudah bertanya status rekrutmennya, nyatanya Anda tidak berhasil di step wawancara.

Pernah alami masalah sama serta tak tahu kenapa hal semacam itu berlangsung? Mungkin saja 7 hal semacam ini sebagai penyebabnya Anda tidak berhasil waktu wawancara kerja.

1. Tingkah laku yang Buruk

Bahkan juga tanpa ada memperhatikan isi wawancara, satu perusahaan bisa menampik Anda untuk bekerja ditempat itu lantaran buruknya tingkah laku Anda. Kekeliruan-kesalahan yang kesannya sepele tersebut nyatanya bisa bikin Anda tak lolos wawancara kerja.

a) Datang Terlambat

Meskipun cuma 5 menit, terlebih 10 menit, keterlambatan masihlah jadi hal bodoh yg tidak termaafkan waktu hari-H wawancara. Ingatlah kalau wawancara berbeda dengan kumpul berbarengan rekan yang menggunakan saat ‘jam karet’. Profesionalitas Anda bakal diuji waktu mulai sistem rekrutmen.

Bila belum diambil saja telah berani terlambat, bagaimana kelak sesudah bekerja? Untuk hindari hal semacam ini, upayakan datang 30 menit sebelumnya wawancara diawali. Begitu bila ada satu rintangan di jalan, Anda masihlah memiliki saat untuk tetaplah on time tiba ditempat wawancara.

b) Salah Kostum

Cermati langkah beberapa karyawan kenakan pakaian di kantor tempat maksud bekerja. Hal semacam ini dapat tidak sama bergantung bagaimana system pada perusahaan. Jangan pernah Anda salah kostum waktu diundang untuk wawancara.

Bila perusahaan tempat Anda diundang yaitu perusahaan multinasional, janganlah sekali-kali memakai baju kasual. Demikian halnya bila Anda lakukan wawancara untuk pekerjaan yang lebih enjoy seperti mengajar, berpakaianlah selaknya Anda bakal betul-betul bekerja di hari itu.

Tentukan baju yang nyaman digunakan hingga Anda tak terganggu lantaran baju kesempitan atau menutupi satu cacat pada bahan di baju waktu wawancara berjalan.

2. Tak Tahu Apa-apa Tentang Perusahaan

Mencari lebih tahu tentang pekerjaan apa yang Anda lamar, bagaimana visi misi perusahaan, serta bagaimana ketrampilan yang Anda punyai bisa bermanfaat untuk perusahaan adalah beberapa hal mendasar yang butuh Anda kenali waktu ikuti wawancara kerja.

Janganlah mengharapkan perusahaan bakal merekrut Anda bila Anda sekalipun tak tahu usaha yang digerakkan perusahaan. Berlatihlah menyampaikan argumen kenapa Anda tertarik bekerja di perusahaan itu serta menerangkan kekuatan Anda yang mendukung.

Ada juga sebagian perusahaan yang sedikit memberi bocoran tentang siapa yang bakal mewawancara Anda. Bila hal semacam ini berlangsung, mencari tahulah lewat website LinkedIn tentang sang pewawancara, bagaimana pekerjaan yang Anda lamar tersambung dengan pewawancara, hingga anda lebih ‘nyambung’ waktu di ajak bicara dengan pewawancara.

3. Tak Sangat Inginkan Pekerjaan

Waktu wawancara berjalan, pastinya Anda butuh tunjukkan ketertarikan pada pekerjaan yang tengah di buka lowongannya oleh perusahaan. Tetapi, sebagian orang tunjukkan ketertarikan terlalu berlebih waktu sistem wawancara. Seperti mengulas pekerjaan setelah itu yang dikehendaki bila telah di terima di perusahaan.

Secara singkat, pewawancara inginkan seorang untuk isi satu posisi, bukanlah posisi yang lain. Jadi terangkan kenapa Anda pas untuk posisi itu, bukanlah ketertarikan pada posisi yang lebih tinggi, umpamanya.

Ketertarikan utama, tetapi untuk tidak yang sangat jauh. Pewawancara juga tak semakin lebih berkesan dengan Anda yang menggunakan semua saat wawancara mengulas tentang ketertarikan Anda.

Bila Anda memanglah tidaklah terlalu tertarik dengan pekerjaan yang di tawarkan, janganlah menghabiskan waktu Anda untuk datang ke tempat wawancara.

4. Mengeluhkan Bos Sebelumnya

Mengeluhkan bos ditempat Anda bekerja terlebih dulu dapat juga jadi satu diantara aspek yang bikin Anda tidak berhasil waktu wawancara kerja. Janganlah sekali-kali bicara jelek tentang perangai bos di perusahaan terlebih dulu.

Umpamanya, bos Anda ditempat terlebih dulu melarang beberapa karyawannya untuk makan sepanjang berlangsungnya perjalanan usaha. Meskipun bila mengobrol dengan sahabat Anda kerap jadikan hal semacam ini bahan lelucon, tetapi dihadapan beberapa pewawancara hal semacam ini dinilai sebagai aksi menjelek-jelekkan orang lain.

Pewawancara juga mungkin saja memiliki pendapat kalau sesungguhnya perusahaan tempat Anda bekerja sebenarnya cukup baik dalam memberdayakan beberapa karyawannya, Anda saja yang kurang pas bekerja dengan iklim perusahaan hingga bicara jelek tentang perusahaan itu.

Baca juga :

30 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja serta Jawabannya
17 Pertanyaan Jebakan Waktu Interview serta Langkah Menjawabnya
5. Bertanya Pertanyaan Yang Salah

Diakhir wawancara, umumnya pewawancara bakal bertanya adakah hal yang menginginkan Anda tanyakan. Hati-hatilah, lantaran ini mungkin saja satu diantara penyebabnya kenapa Anda tidak berhasil waktu wawancara kerja.

Bila dimuka wawancara Anda menerangkan argumen resign dari perusahaan terlebih dulu yaitu lantaran inginkan pengalaman manajemen yang tambah baik, tetapi diakhir wawancara Anda ajukan pertanyaan ‘Apakah di perusahaan ini tidak mematuhi ketentuan yaitu hal yang umum? ’ jadi beberapa pewawancara bakal terasa berprasangka buruk pada Anda.

Tanyakanlah pertanyaan yang pas hingga sebagai karyawan yang mungkin sang pewawancara tak perlu mengintip ke balik gorden karir Anda hingga Anda jatuh dalam jebakan pertanyaan.

6. Berbohong

Beberapa orang berbohong untuk mensiasati resumenya hingga tampak penuh aktivitas serta tak ada saat menganggur. Hal semacam ini pastinya bisa dilacak oleh pihak perusahaan dengan jaringan yang mereka punyai.

Janganlah beberapa cobalah berdalih Anda salah tulis dalam bikin resume, yang semestinya telah keluar dari perusahaan terlebih dulu 6 bln. waktu lalu tetapi tercatat masihlah bekerja sampai saat ini.

Pewawancara pasti bakal segera menilainya negatif pada diri Anda. Berbohonh juga bisa dilacak dengan gampang untuk beberapa pewawancara yang bisa menilainya gesture badan,

Tinggal bertanya satu hal yang khusus dari resume yang Anda bikin, lalu bila keterangan Anda menyangsikan atau terdengar mengada-ada, jadi katakan selamat tinggal pada perusahaan itu.

7. Anda Tak Cukup Impresif

Untuk Anda yang terasa mempunyai kepribadian introvert, janganlah takut terlebih dulu. Jujurlah tentang kepribadian Anda, banggalah serta biarlah beberapa pewawancara bertanya beberapa hal yang kurang lebih sesuai sama Anda.

Umpamanya, bila di tanya ‘Apa buku paling akhir yang Anda baca? ’ Janganlah menampik menerangkan dengan menjawab Anda tak membaca buku.

Bila Anda begitu inginkan pekerjaan ini serta pewawancara ajukan pertanyaan apakah Anda bersedia untuk pelajari suatu hal yang sekalipun Anda belum mengerti, janganlah katakan tak serta buat persiapan diri Anda untuk jadi pembelajar paling baik.

Jadi impresif bukanlah suatu hal hal yang begitu susah. Bikin resume yang menarik yaitu satu diantara langkahnya. Langkah yang lain yaitu bikin perbincangan yang mengalir ketika wawancara (umpamanya bicara dengan tak tegang serta tak kaku).

Tersebut 7 penyebabnya yang bisa bikin seorang tidak berhasil waktu wawancara kerja. Bila Anda memanglah inginkan satu pekerjaan, kenali atau penelitian terlebih dulu seluk beluk perusahaan yang Anda incar, konsentrasi tehadap sebagian ketrampilan Anda, dari pada konsentrasi hindari kegagalan wawancara. Mudah-mudahan Anda berhasil di wawancara selanjutnya.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar